Portal Berita Cilegon No1

Kabar Gembira Tahun 2013, UMK Cilegon Dipastikan Naik Sekitar 15 Persen

CILEGON, BCO – Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) Kota Cilegon, pada tahun 2013 mendatang dipastikan naik sekitar 15 persen bila dibandingkan dengan tahun 2012, yang sebesar Rp1.481.000 per bulan. Kenaikan UMK itu berdasarkan dari naiknya Komponen Kebutuhan Hidup Layak (KHL), yang awalnya hanya sebanyak 40 komponen dinaikan menjadi 60 komponen KHL.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cilegon, Taufiqurrahman kepada Berita Cilegon Online (BCO), Selasa (06/11/2012) mengungkapkan, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan Dewan Pengupah seluruh kota di Banten yang dilaksanakan di Pontianak, Kalimantan Barat untuk membahas kenaikan upah tersebut.
   
Dalam pertemuan itu, kata dia, didapatkan hasil kalau komponen KHL dinaikan dari 40 komponen menjadi 60 komponen KHL. Dengan naiknya jumlah komponen tersebut otomatis UMK Kota Cilegon akan mengalami kenaikan.

“Berdasarkan perhitungan kenaikan UMK Kota Cilegon diperkirakan akan naik sebesar 15 persen dari Rp1.481.000 sebelumnya,” terang Taufiq dibalik telepon genggamnya.

Kendati demikian, lanjut Taufiq, kenaikan jumlah UMK sebesar 15 persen itu belum bisa diresmikan karena diperlukan rapat kembali dengan pihak terkait. Rencananya Disnaker akan menentukan kenaikan UMK itu pada 10 November mendatang. “Setelah pulang dari Pontianak kita akan rapatkan untuk menentukan kenaikan UMK itu,” terangnya.

Dia menjelaskan, dalam kenaikan jumlah KHL untuk menentukan kenaikan UMK juga telah meminta saran dari dewan pengupah, pihak perusahaan serta perwakilan buruh. Hal itu dilakukan agar semua pihak megetahui dan tidak ada lagi pertentangan. “Sebab itu kita melakukan study banding ke Pontianak dengan para dewan pengupah dan para perwakilan pihak terkait,” kata mantan Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Cilegon itu.
 
Diketahui sebelumnya, UMK Kota Cilegon Tahun 2012 mengalami revisi karena banyak desakan dari buruh yang berada di kota industri itu, karena dinilai tidak sesuai. Desakan buruh itupun akhirnya berhasil mem¬bujuk Pemkot untuk me¬rekomendasikan kenaikan UMK kota itu dari sebelumnya Rp 1.347.000 menjadi Rp 1.481.000, atau naik sekitar Rp 134 ribu. Tahun 2013 mendatang UMK Kota Cilegon akan kembali dinaikan sebesar 15 persen. (*)

Penulis
Usman Temposo

Polling

Walikota Cilegon 2015-2020 Pilihan Anda

Mobile Version | Standard Version