Portal Berita Cilegon No1

Biaya Pembuatan Paspor Hanya 255 Ribu, Imigrasi Cilegon Siap Layani Calhaj

MERAK, BCO - Dalam rangka menyambut musim haji tahun 2012M/1433H, pegawai Kantor Imigrasi Cilegon sudah siap untuk melayani pembuatan paspor biasa bagi calon jama'ah haji dari kota Cilegon, Kota Serang dan Kabupaten Serang. Demikian dikatakan M.T.Satiawan Kepala Kantor Imigrasi Cilegon saat ditemui BCO di ruang kerjanya, Rabu (23/5/12).

Lebih jauh Satiawan menerangkan bahwa calon jama'ah haji dari tiga wilayah tersebut dapat langsung datang ke Kantor Imigrasi Cilegon dengan membawa persyaratan atau melampirkan kartu tanda penduduk, kartu keluarga, akte kelahiran/Surat Kenal lahir/buku nikah/ijazah disertai foto kopinya dan bukti setoran lunas Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Selanjutnya pemohon dalam hal ini jemaah haji mengisi formulir permintaan Paspor Biasa. "Kami dengan senang hati melayani mereka, karena tujuan mereka hendak menjalankan ibadah menunaikan rukun Islam yang kelima, maka semoga menjadi amal ibadah juga buat kami," kata Satiawan penuh kesungguhan.

Satiawan juga menjelaskan, bahwa unit kerja Kantor Imigrasi Cilegon dalam melayani pemohon pembuatan paspor biasa bagi jema'ah haji, memang harus dilakukan di Kantor Imigrasi terdekat. Hal ini menurut Satiawan berdasarkan peraturan bersama Menteri Agama RI dan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 2 Tahun 2009. "Jadi pemohon pembuatan paspor dari Kota Cilegon, Kota serang, dan Kabupaten Serang, membuat paspornya ke Kantor Imigrasi Cilegon mas," terang Satiawan.

Menurutnya hal tersebut juga akan lebih memudahkan para calon jama'ah haji mengurus pembuatan paspor karena lebih dekat.
Sementara bagi jema'ah haji yang tidak mampu menulis dapat dibantu oleh petugas dari Kantor Departemen Agama kabupaten atau kota. Dan bagi yang tidak memiliki akte kelahiran ataub surat kenal lahir atau buku nikah atau ijazah, maka dapat diganti dengan Surat keterangan Kepala Kantor Departemen Agama kabupaten/kota setempat.

Meskipun biasanya biaya penerbitan paspor biasa bagi jema'ah haji dan petugas haji menjadi tanggung jawab Departemen Agama atas beban dana Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Namun Satiawan menginformasikan bahwa tarif pembuatan paspor biasa yang berlaku di seluruh Indonesia adalah sebesar 255 ribu rupiah. "Hal ini perlu disosialisakan kepada masyarakat untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dalam hal informasi tarif pembuatan paspor di Kantor Imigrasi," pungkas Satiawan.

Untuk diketahu, bahwa sampai saat ini calon jama'ah haji tahun 2012M/1433 H, baru kurang lebih 200 pemohon paspor biasa calon jama'ah haji yang baru mendaftar di Kantor Imigrasi Cilegon, dari kurang lebih 700 calon jama'ah haji yang terdaftar di Depag Kota Cilegon. (*)

Penulis
Juki San









Mobile Version | Standard Version