Portal Berita Cilegon No1

Awas Jangan Telat Perpanjang SIM, Mulai 1 Maret 2013 Telat Sehari Wajib Buat Baru

CILEGON, BCO - Para pengendara jangan coba-coba lagi bersantai dalam memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM). Sebab, Polisi Republik Indonesia (Polri) telah mengeluarkan peraturan baru tentang perpanjang masa berlaku SIM. Bila masa berlaku habis dan telat satu hari, maka pengendara harus membuat seperti saat proses pembuatan awal.

Hal tersebut ditegaskan dalam Perkap Kapolri Nomor 09 tahun 2012 Pasal 28 Ayat (2) & (3) bahwa SIM yang habis masa berlakunya lewat sehari maka proses perpanjangannya sama dengan pembuatan SIM baru, yaitu mengikuti ujian teori dan praktek. Jadi tidak ada lagi toleransi 1 tahun. Ketentuan ini berlaku mulai 1 Maret 2013 mendatang.

Kapolres Cilegon, AKPB Defrian Donimando kepada Berita Cilegon Online (BCO), Jumat (15/02/2013) menjelaskan, peraturan tersebut sebagai langkah pengetatan dan menyelamatkan kepada para pengendara agar selalu memperhatikan kelengkapan kendaraanya, sehingga tidak lengah.

"Ini langkah untuk menyelamatkan pengendara, sehingga bila mengetahui masa berlaku SIM-nya segera  habis agar bisa langsung memperpanjang dan tidak menunggu seminggu kemudian. Kebanyak dulu seperti itu," terang Donimando.

Terkadang, lanjutnya, para pengendara lupa masa berlaku SIM mereka, sehingga untuk memperpanjang kelengkapan kendaraanya itu jauh dari waktu masa berlaku. Memang sebelumnya ada tenggang waktu bila masa berlaku SIM habis, namun dengan adanya peraturan baru ini tidak ada toleransi lagi. Ini dilakukan supaya para pengendara lebih tertib.

"Kalau seperti itu selama satu minggu misalnya pengendara itu tidak punya SIM. Ini juga sebagai bentuk kepedulian Polri supaya masyarakat lebih tertib," ujarnya.

Dia menegaskan, masyarakta jangan segan untuk memperpanjang SIM mereka karena khawatir adanya pungutan liar (Pungli) dari petugas. Kata dia, pihaknya telah bekerjasama dengan satuan Provos Polres Cilegon, untuk mengawasi petugas nakal.

"Kami tekankan di Polres Cilegon tidak ada Pungli. Kalau ada laporkan saja nanti Provos akan menindak petugas itu," dia menandaskan.

Dia menambahkan, untuk memperpanjang SIM dikenakan biaya sekitar Rp80.000. "Kisaran nilainya sebesar itu," tambahnya. (*)

Penulis
Usman Temposo

 

 

 

Polling

Walikota Cilegon 2015-2020 Pilihan Anda

Mobile Version | Standard Version