Portal Berita Cilegon No1

PT Indocement Tetap Berkomitmen Bantu Modal Usaha Masyarakat

CIWANDAN, BCO - Salah satu perusahaan yang berkomitmen membantu masyarakat adalah PT Indocement Tunggal Perkasa. Melalui Unit Terminal Batu Bara di Kecamatan Ciwandan, PT Indocement menyalurkan Kredit Modal Kerja untuk Usaha Menengah Kecil Mikro kepada masyarakat di tiga kelurahan, yakni Tegal Ratu, Randakari, dan Kepuh, Senin (30/7/12).

Kepala Unit Terminal Batu Bara Ciwandan PT Indocement, Maman Suherman mengatakan, kredit diberikan tanpa agunan dan berbunga rendah. "Pinjaman modal usaha ini tanpa agunan, diberikan maksimal sampai dengan Rp 30 juta. Bunganya juga sangat rendah, hanya 5 persen per-tahunnya," kata Maman ditemui Berita Cilegon Online (BCO) saat penyaluran kredit di kantor Kelurahan Tegal Ratu.

MamanĀ  menjelaskan, penyalurannya kredit bekerjasama dengan Bank Mandiri. Kredit diberikan tanpa agunan karena telah dijamin sepenuhnya oleh PT Indocement. "Kalau ada yang macet, perusahaan yang bertanggungjawab. Jaminannya PT Indocement, kalau ada apa-apa," jelasnya.

Maman mengaku, selama tahun 2012 dana pinjaman yang sudah tersalurkan sebesar Rp 200 juta. "Penyaluran kali ini adalah yang kedua kalinya, yang pertama pada bulan Maret lalu sudah disalurkan sebesar Rp.40 juta. Penyaluran yang sekarang ini sampai dengan Rp.160 juta untuk 11 orang," tutur Maman.

Hal senada diungkapkan, Officer PKBL PT Indocement, Tomi Rihana. Ia mengatakan, program penyaluran kredit kepada masyarakat sudah dilakukan PT Indocement sejak tahun 2008. "Kalau PT Indocement di pusat sudah menjalankan program ini sejak tahun 2008, tetapi untuk di Cilegon ini memang baru tahun ini. Untuk tahun ini alokasi dana kredit untuk masyarakat di Cilegon dan di non-plant lainnya sebesar Rp.500 juta," katanya.

Dikatakan Tomi, pinjaman bisa diberikan sampai dua kali. "Kalau nanti sudah lunas, boleh pinjam lagi, tapi batasnya sampai dua kali saja. Setelah itu, masyarakat sudah harus bisa mandiri. Kalau mau pinjam lagi harus pakai jaminan. Ini juga untuk memberikan kesempatan kepada yang lainnya," tuturnya.

Salah satu penerima bantuan program tersebut adalah Supiah, pemilik warung sembako. Ia mendapat kredit sebesar Rp 15 juta untuk mengembangkan usahanya. "Mau membesarkan usaha, Alhamdulillah ada perusahaan yang membantu kami," katanya.

Warga lainnya yang ditemui BCO, Wati (35) dari Kelurahan Randakari, Kecamatan Ciwandan yang menerima kredit dari PT Indocement mengaku sangat terbantu dengan adanya kredit dari PT Indocement. Ia mendapatkan pinjaman sebesar Rp 8 juta untuk mengembangkan usaha warung nasi yang digelutinya selama ini. "Bantuan ini sangat bagus. Kami sangat senang tentunya. Mudah-mudahan usaha kami bisa berkembang lebih baik," tutur Wati.

Sementara itu, Lurah Tegal Ratu, Kecamatan Ciwandan Rusdi Ikhsan, mengakui bahwa kepedulian PT Indocement sangat tinggi. Ia mengatakan, PT Indocement layak dicontoh oleh perusahaan lainnya dalam hal kepedulian kepada masyarakat. "Kalau Indocement senyum, pasti masyarakat senyum. Kalau perusahaan lainnya senyum sendiri saja," kata Rusdi sambil tersenyum. (*)

Penulis
Juki San

Mobile Version | Standard Version