Portal Berita Cilegon No1

Setahun, Penduduk Pendatang Baru di Cilegon Tercatat Bertambah 5.000 Orang

CILEGON, BCO - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DKCS) Kota Cilegon, Bambang P Sumo, mengatakan bahwa penduduk Kota Cilegon terus bertambah. Jumlah pertambahan  penduduk dalam setiap tahun tercatat secara resmi sekitar 5.000 orang. Demikian dikemukakan Bambang P Sumo kepada Berita Cilegon Online (BCO) dalam wawancara di ruang kerjanya, Selasa (28/8/12) siang.

"Yang tercatat pertambahan penduduk setiap tahunnya mencapai 5.000 orang. Tidak menutup kemungkinan lebih dari itu, karena ada warga pindahan dari luar yang tidak memdaftar atau belum tercatat sebagai warga Cilegon," ujar Bambang seraya menambahkan bahwa pertambahan penduduk paling tinggi terjadi setelah Lebaran, dimana pertambahannya mencapai 500 sampai 1.000 orang.

"Ya sebetulnya tidak hanya terjadi pertambahan penduduk saja, tapi penduduk yang meninggalkan Cilegon juga banyak. Antara lain karena bekerja, sekolah dan lainnya. Tercatat jumlah penduduk meninggalkan Cilegon, sekitar 3.000 orang," ujar Bambang.

Dijelaskan, Cilegon menjadi sasaran pendatang, karena merupakan daerah industri, perlintasan, dan juga daerah transit antara daerah di Pulau Jawa dan Sumatera. Bambang berharap yang datang ke Cilegon merupakan warga yang memiliki keahlian agar pada saat tinggal di Cilegon sudah bekerja dan tidak menambah jumlah pengangguran yang ada. 

"Penduduk yang baru datang sebaiknya langsung melapor dan mendaftarkan diri ke RT/RW lingkungan tempat tinggalnya. Setelah itu bisa mengurus catatan kependudukan ke kantor DKCS," katanya.

Seperti diketahui bahwa sudah menjadi biasa bahwa pascamudik Lebaran, warga perantau membawa serta sanak, atau saudara mereka, dengan alasan mencari kerja. Kondisi ini yang membuat penduduk di wilayah perkotaan menjadi meningkat. (*)

Penulis
Oji Faoji

Polling

Walikota Cilegon 2015-2020 Pilihan Anda

Mobile Version | Standard Version