Portal Berita Cilegon No1

Jalur Krenceng - Ciwandan Macet, Kasatlantas Himbau Wisatawan Tujuan Anyer Ambil Jalur Alternatif

CIWANDAN, BCO - Libur panjang dan cuti bersama yang berlangsung selama 4 hari pada pekan ini, diperkirakan akan berdampak pula pada lonjakan arus lalu lintas kendaraan yang terjadi. Tak terkecuali dikota Cilegon yang menjadi jalur lintasan oleh wisatawan domestik yang akan menghabiskan masa liburannya dikawasan wisata pantai Anyer ataupun yang akan melakukan penyeberangan kepulau Sumatera. 

Terkait jalur wisata yang melewati kawasan industri Krenceng - Cigading - Ciwandan Cilegon yang kerap macet karena ada perbaikan infrastruktur, Kasat Lantas Polres Cilegon, AKP Adi Wiyono menghimbau kepada pengguna jalan yang akan menuju jalur wisata Anyer, sebaiknya menggunakan jalur alternatif dari arah Serang melalui arah Mancak kemudian ke Anyer, mengingat adanya perbaikan jalan di kawasan industri Krenceng - Cigading – Ciwandan yang hingga saat ini masih memberlakukan sistem One Way atau buka tutup Jalan yang akan dapat menghambat perjalanan.

Untuk mengantisipasi hal itu, Jajaran satuan polisi lalu lintas yang merupakan gabungan dari Polres Cilegon berjumlah 40 personel dan jumlah itu belum termasuk petugas dari Polsek Ciwandan serta Polsek Pulomerak telah disebar sejak kamis (17/05/12) lalu untuk melakukan pengamanan dibeberapa titik.

Titik utamanya yaitu di jalur wisata mulai dari perkotaan sampai dengan Anyer melalui jalur Cigading - Ciwandan, yang diketahui pula saat ini tengah dalam perbaikan infrastruktur. Demikian dikatakan oleh Kasatlantas Polres Cilegon AKP Adi Wiyono yang dihubungi BCO melalui telpon selulernya, Jum’at (18/05/12).

”Kami dari Satlantas sudah mengadakan antisipasi, utamanya di jalur penyeberangan dan jalur – jalur wisata. Personel sudah disebar di beberapa titik pengawasan, bekerjasama dengan satuan lalu lintas dari Polsek Ciwandan dan Polsek Merak,” Ujar Adi Wiyono.

Lebih jauh, Adi Wiyono menjelaskan, bahwa pihaknya sejauh ini lebih menitikberatkan pengawasan pada jalur wisata dan penyeberangan. Hal tersebut guna mengantisipasi terjadinya kemacetan atau peningkatan arus yang terutama diperkirakan berasal dari Jakarta. Terpantau sejak kamis lalu, menurut Kasatlantas hingga hari ini belum terjadi lonjakan yang signifikan. Jumlah arus kendaraan yang melintas masih dapat dikatakan normal, bahkan dapat dikatakan hari ini arus kendaraan lebih sedikit bila dibandingkan kemarin. Sama halnya pula dengan kawasan wisata pantai Anyer yang menurut pemantauan pihaknya tidak terlalu ramai dan pengunjung pantai sendiri diperkirakan adalah penghuni hotel.  Sementara untuk dikawasan Merak, lonjakanpun masih dalam jumlah yang normal. Hal ini terlihat jelas dari tidak dipadatinya kantong parkir yang terdapat di Fly Over Merak. 

”Lonjakan arus kendaraan tidak terlalu signifikan. Dan untuk selanjutnya kita akan lebih memfokuskan pengawasan pada arus kendaraan pada hari libur terakhir pada minggu siang hingga sore nanti,” jelas Perwira penggemar Air Soft Gun ini.

Adi Wiyono menambahkan, bahwa kedepan pihaknya lebih memfokuskan pengamanan pada hari Minggu siang hingga sore (20/05/12) mendatang, menurut perkirakannya, pada saat itu akan terjadi peningkatan arus lalu lintas pada jalur wisata dan penyeberangan. (*)

Penulis

D Krisnajaya

 

Polling

Walikota Cilegon 2015-2020 Pilihan Anda

Mobile Version | Standard Version