Portal Berita Cilegon No1

Kelapa Tujuh Merak, Alternatif Wisata Pantai

MERAK, BCO - Pantai Kelapa Tujuh, tentu nama tempat wisata pantai ini sudah tidak asing terdengar ditelinga kita warga Cilegon. Pantai ini terletak di wilayah kelurahan Suralaya, kecamatan Pulau Merak kota Cilegon.

Lokasinya hanya 11 Km dari pintu Tol Jakarta – Merak, sementara kearah utara adalah pelabuhan penyebrangan Merak-Bakauheni. Pantai Kelapa Tujuh selain indah juga pas untuk mandi karena pantainya berpasir putih dan landai, ombak tidak terlalu besar suasana lebih teduh dan sejuk. Pengunjung bisa leluasa duduk di bawah pepohonan sambil menikmati pemandangan bentangan laut selat sunda. Dari pantai itu pula bisa terlihat Pulau Sumatera bila cuaca terang atau menikmati sunset disore hari.

Menurut pemantauan BCO, pada hari Minggu (15/4/12), tak kurang dari 400 kendaraan bermotor keluar masuk lokasi wisata yang sederhana ini, untuk kendaraan roda 2 beserta pengendaranya hanya dikenakan tarif masuk sebesar 7 ribu rupiah, sementara untuk kendaraan mobil beserta penumpangnya dikenakan tarif masuk sebesar 25 ribu, tarif ini lebih murah dibandingkan dengan tempat wisata pantai lain yang ada di wilayah Cilegon dan Serang.

Sebenarnya lokasi wisata pantai ini milik perusahaan negara PLTU (pembangkit listrik tenaga uap) Suralaya, tepatnya berada di komplek perumahan karyawan PLTU Suralaya. Namun dalam pengelolaannya diserahkan kepada kelomp[ok masyarakat setempat, agar menjadi sumber mata pencaharian bagi sebagian masyarakat sekitar dan sebagai wujud kepedulian PLTU Suralaya kepada masyarakat sekitar. Termasuk para pedagang yang berada disepanjang pantai, dan usaha-usaha lain yang ada didalamnya, mayoritas adalah masyarakat sekitar. Sudah tentu hal ini membawa dampak positif terhadap perekonomian masyarakat sekitar.

Meskipun lokasinya tidak terlalu luas dan pesisir pantainya tidak terlalu panjang, tapi sangat menarik para pengunjung, hal ini terlihat dari plat nomor seri kendaraan yang datang dari Cilegon, Serang, Tangerang, Bogor bahkan Jakarta.

Pantai Kelapa Tujuh sampai saat ini masih menjadi tempat tujuan wisata alternatif bagi warga Cilegon dan sekitarnya, karena memang pemerintah Kota Cilegon tidak memiliki fasilitas daerah wisata pantai. Namun demikian, anda dan keluarga masih bisa merencanakan berwisata menikmati kesederhanaan Pantai Kelapa Tujuh. (*)

Penulis
Juki San



Mobile Version | Standard Version