Portal Berita Cilegon No1

Tahun 2013 Kurikulum Sekolah Berubah, Materi Pramuka Bakal Jadi Mata Pelajaran

CILEGON, BCO - Pada tahun 2013 mendatang, kurikulum mata pelajaran sekolah akan berubah. Dalam kurikulum baru yang rencananya akan diberlakukan pada awal tahun itu, akan diberlakukan pada sekolah dasar, SMP, SMA dan SMK. Dalam kurikulum baru itu juga akan mengedepankan pembalajaran kognitif dan pembelajaran kewirausahaan serta antikorupsi. Selain itu, dalam kurikulum tersebut juga akan mewajibkan mata pelajaran Pramuka yang sebelumnya hanya sebagai ekstrakulikuler menjadi mata pelajaran.


Kepala Seksi Pendidikan Menengah (Dikmen) Bagian Pembelajaran Dinas Pendidikan (Dikemen) Kota Cilegon, Suhendi mengatakan, terkait perubahan kurikulum itu pihaknya belum mendapatkan draf resmi dari pemerintah pusat. Kendati begitu, dia mengku telah mengetahui  terkait rencana  perubahan kurikulum tersebut.

"Benar kurikulum 2013 akan berubah, namun kami belum bisa menyampaikannya karena kami belum mendapatkan tembusan resminya. Kemungkinan kurikulum itu akan diberlakukan awal tahun nanti. Menurut informasi kurikulum itu akan mengedepan pembelajaran kewirausahaan dan anti korupsi," kata dia.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan kebudayaan, Muhammad Nuh mengatakan, pemerintah akan mengganti kurikulum 2012 dengan kurikulum baru. Kurikulum baru itu nantinya akan  mengedepankan aktif kognitif, efektif, dan  psikomotorik melalui penilaian berbasis test dan portofolio saling melengkapi.

"Siswa untuk mata pelajaran tahun depan sudah tidak lagi banyak menghafal, tapi lebih banyak kurikulum berbasis sains," kata Nuh seperti dikutip dari AntaraNews.com.

Kata Nuh, orientasi pengembangan kurikulum 2013 adalah tercapainya kompetensi yang berimbang antara sikap, keterampilan dan pengetahuan disamping cara pembelajarannya yang holistik dan menyenangkan.

Untuk tingkat SD, katanya, saat ini terdapat 10 mata pelajaran yang diajarkan, namun pada 2013 nanti mata pelajaran yang diajarkan akan dikurangi hanya tujuh mata pelajaran saja, yaitu pendidikan agama, pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, bahasa indonesia, matematika, seni budaya dan prakarya, pendidikan jasmani, olahraga da kesehatan serta Pramuka.

"Khusus untuk Pramuka adalah mata pelajaran wajib yang harus ada di mata pelajaran dan itu diatur dalam undang-undang," terang Nuh.

Salah satu ciri kurikulum 2013, khususnya untuk SD, adalah bersifat tematik integritif. Dalam pendakatan ini mata pelajaran IPA dan IPS adalah sebagai materi pembahasan pada semua pelajaran, yaitu dua mata pelajaran itu akan diintegritasikan ke dalam semua mata pelajaran.

Kurikulum 2013 itu diharapkan bisa diterapkan mulai tahun ajaran baru tahun depan, tapi akan diujikan terelebih dahulu pada akhir November. "Masyarakat bisa memberikan masukan atas setiap elemen kuirkulum, mulai dari standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proseshingga standar evaluasi," pungkasnya.  (*)

Penulis
Usman Temposo

Polling

Walikota Cilegon 2015-2020 Pilihan Anda

Mobile Version | Standard Version